Labels

29 Nov 2012

Tips Memotret Sunset

Sunset merupakan salah satu proses alamiah yang ada di dunia ini. Menurut sudut pandang saya, sunset tidak pernah akan sama view nya itu yang membuat saya sangat menyukai fenomena alam ini. Baik itu komposisi awan matahari dan elemen lainnya selalu berubah-ubah, kadang kita menemukan sunset yang sangat indah sekali dan kadang juga tidak indah sama sekali ditempat yang sama. Berikut ini saya akan share tips bagaimana cara memotret sunset agar hasilnya memuaskan yang telah saya baca dari berbagai sumber.
photo by ChrisJolley

Tips 1. Pertajam intuisi anda untuk memprediksi sunset yang indah sebelum hal tersebut terjadi. Jadi anda dapat mempersiapkan segala sesuatunya. Jika anda baru mempersiapkan peralatan pada saat sunset yang indah itu terjadi, maka bersiap-siaplah untuk kecewa karena waktu anda akan terbuang percuma hanya untuk mempersiapkan kamera anda, Dan pada saat anda siap untuk memotret...moment tersebut sudah lewat dan komposisi awan,cahaya matahari dll telah berubah.


Tips 2. Untuk mendapatkan warna terbaik anda harus bersabar. Beberapa menit saat matahari melewati garis horizon adalah moment terbaik. Untuk moment ini akan terlihat banyak warna yang indah, untuk itu tripod anda harus dalam keadaan siap untuk dipergunakan. Karena untuk mendapatkan exposure yang pas anda mungkin menggunakan kecepatan rana kurang lebih setengah detik untuk hasil terbaik.

Tips 3. Cari objek untuk dijadikan foreground, ini bagian terpenting untuk menunjang komposisi yang menarik. Banyak foto sunset hanya "memperlihatkan" awan yang indah tapi sayangnya tidak didukung oleh elemen lain seperti foreground. Jika foto tersebut didukung oleh foreground yang bagus mana hasilnya akan  lebih spektakuler. Objek-objek tersebut dapat berupa pohon, bangunan, tiang dan lain-lain. Objek-objek tersebut akan membentuk siluet yang bagus.

Tips 4. Ciptakan hasil jepretan yang penuh dengan warna, untuk komposisi disarankan menggunakan "rule of third". Dengan kata lain tempatkan garis horizon pada sepertiga di viewfinder baik diatas atau bawah.

Tips 5. Jika lokasi pemotretan terdapat air, maka manfaatkan untuk membuat foto lebih tampak dramatis dengan menggunakan teknik refleksi. Sehingga warna yang terdapat pada foto anda akan sangat berlimpah.

Sampai bertemu kembali di tips tips yang lain....ciaoooooo

No comments:

Post a Comment